Pengertian Diskriminasi

Posted on

Pengertian Diskriminasi – Diskriminasi yakni telah sering kali dimulai dengan prasangka. Kami menggunakan prasangka untuk membedakan antara diri kita sendiri dan orang lain. Perbedaan ini muncul karena sebenarnya kami menginginkan hubungan sosial dengan orang-orang yang bersama kami.

Prasangka yakni sering kali didasarkan terhadap suatu ketidaktahuan, ketidaksukaan terhadap kelompok di luar kelompok, atau perbedaan ataupun ketakutan. Prasangka terancam oleh merek yang buruk (stereotip atau stigma).

Gaya perangko didasarkan pada berbagai bukti yang mengarah ke pola yang sama. Oleh karena itu, kelompok berbasis generalisasi sering disebut. Stempel kejahatan yang telah diinvestigasi menggunakan pengaruh sosial seperti komunitas, tetangga, keluarga, sekolah, orang tua, media, dan lain sebagainya.

Diskriminasi yakni terjadi ketika orang memiliki kesalahpahaman tentang label dan prasangka. Diskriminasi digunakan untuk merawat orang lain yang merasa tidak nyaman karena kelompok sosialnya.

Apa itu Deskriminasi ?

Pengertian-Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi merupakan adanya sebuah perlakuan tidak adil dan tidak seimbang yang digunakan untuk membedakan antara individu atau kelompok berdasarkan sesuatu yang biasanya dikategorikan berdasarkan sifat atau karakteristik tertentu, misalnnya karena ras, agama, etnis, atau kelas sosial.

Istilah diskriminasi biasanya digunakan untuk menggambarkan tindakan partai mayoritas yang terkait dengan minoritas lemah. Sehingga dapat dikatakan bahwa perilaku mereka kasar dan tidak demokratis.

Secara teori, diskriminasi yakni dapat terjadi melalui upaya-upaya untuk mengurangi, memberantas, menghancurkan, memberantas, melindungi secara hukum, menciptakan pluralisme budaya, dan mengasimilasi kelompok lain.

Dari Shadily dalam Reslawati (2007), ada perbedaan yang mendiskriminasi orang yang bersifat diskriminasi. Misalnya, diskriminasi dapat terjadi di berbagai bidang

  • Diskriminasi proyek.
  • Diskriminasi politik.
  • Diskriminasi di sebuah tempat umum misalnya hotel, restoran, bus, rumah sakit, dan lain sebagainya.
  • Diskriminasi perumahan, dalam adanya suatu minoritas enggan menyewa atau menyewa rumah, meskipun minoritas sulit untuk menemukan perumahan di beberapa tempat.

Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

Adapun berbagai jenis pengertian diskriminasi yakni menurut para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut:

Menurut PBB

Diskriminasi merupakan seorang perilaku yang didasarkan pada perbedaan kategorisasi, yang disebabkan oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan keterampilan atau layanan individu.

Menurut Wikipedia

Diskriminasi mengacu pada perlakuan tidak adil terhadap orang tertentu ketika layanan diberikan berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh orang tersebut.

Menurut Theodorson & Theodorson (1979:115-116)

Diskriminasi adalah adanya sebuah perlakuan yang tidak proporsional terhadap individu atau kelompok atas dasar sesuatu yang biasanya dikategorikan berdasarkan sifat atau sifat berdasarkan ras, agama, etnis, atau kelas sosial.

Jenis dan Tipe Diskriminasi

Contoh-Diskriminasi

Pettigrew (dalam Liliweri 2005) adalah seorang sosiolog yang berpendapat bahwa ada dua jenis diskriminasi yang dapat atau dapat terjadi di masyarakat. Berikut ialah berbagai jenis dan tipe dalam diskriminasi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Diskriminasi Langsung

Diskriminasi langsung adalah bentuk diskriminasi yang melibatkan pemberlakuan peraturan, undang-undang, atau pedoman yang secara khusus menyatakan karakteristik tertentu. Misalnya seperti agama, ras, kondisi fisik, jenis kelamin, hingga sebagian orang tidak mendapatkan kesempatan yang sama.

b. Diskriminasi Tidak Langsung

Diskriminasi semacam ini terjadi ketika aturan bersifat tidak netral, melainkan ketika di lapangan diterapkan Diskriminasi terhadap orang-orang dengan karakteristik tersebut.

Penyebab Diskriminasi

Sebagaimana dijelaskan di atas, diskriminasi ini terjadi karena manusia memiliki kecenderungan untuk membedakan atau mengelompokkan dirinya. Menurut Yahya (2006) ada 6 penyebab diskriminasi, yakni:

1. Mekanisme Pertahanan Psikologi

Dalam suatu mekanisme dalam sebuah pertahanan psikologis dalam diri kita atau mencerminkan karakteristik individu dari gerakan yang tidak diharapkan orang lain.

2. Adanya Sejarah

Diskriminasi terhadap ras atau negara tertentu, yakni akan mungkin timbul atau mungkin tidak muncul karena sejarah yang tidak nyaman terkait terhadap suatu ras atau negara itu.

3. Perasaan Kecewa

Diskriminasi ini juga bisa muncul karena kekecewaan terhadapnya. Frustrasi ini kemudian dibebaskan dalam diri orang / kelompok yang mereka anggap “kambing hitam” karena kekecewaan mereka.

4. Perasaan Tidak Selamat dan Rendah Diri

Ada begitu banyak orang yang merasa tidak aman (terancam) dan kurang setelah berusaha menghilangkan diri dengan mempermalukan orang lain. Ini kemudian mengarah pada perlakuan diskriminasi.

5. Corak Sosialisasi

Sikap diskriminasi ini ternyata dapat atau dapat dipelajari atau diteruskan melalui proses sosialisasi dari satu generasi ke generasi berikutnya. Hal ini kemudian membentuk pandangan stereotip di masyarakat tentang perilaku, cara hidup dan sebagainya.

6. Persaingan dan Eksploitasi

Masyarakat modern pada umumnya lebih materialistis dan tidak diragukan lagi bersaing satu sama lain. Persaingan semacam itu mungkin atau mungkin tidak mendiskriminasi individu atau kelompok tertentu dalam mengejar kemewahan, kekayaan, dan kekuasaan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Diskriminasi. Semoga ulasan ini, dapat bermanfaat.