Pengertian Tawakal

Posted on

Pengertian Tawakal – Tawakal berarti “mewakili”, tetapi dalam arti yang lebih luas Tawakal berarti menyerahkan segala masalah kepada Allah. Dengan segenap hati dan tetap bersama-Nya dan berusahalah secepat mungkin agar tidak sedih dan kecewa dengan keputusan apa pun yang Anda buat.

Rasulullah berpesan untuk terus percaya kepada Allah. Dengan percaya kepada Tuhan, setiap tindakan akan di ridai oleh Allah SWT. Sungguh, Tuhan akan menyediakan bagi siapa saja yang beriman.

Perilaku Tawakal yang telah diajarkan terhadap Rasulullah SAW. Itu benar-benar kebiasaan sehari-hari bagi teman-temannya. Keberhasilannya menegakkan perilaku amanah karena dia juga bertindak dengan cara yang sama. Dalam hidupnya Rasulullah saw. Selama dia berserah diri kepada Tuhan, dia tidak pernah khawatir dan tidak pernah menyerah.

Tawakal Secara Umum

Tawakal merupakan fase di mana saya melalui fase Ikhtiar. Panggung yang membutuhkan usaha, kerja keras dan kesempurnaan. Hanya setelah menyerahkan hasil dan buah amal karya hanya kepada Allah Azza wa Jalla, Dzat, yang mewakili segala hal dan kebutuhan.

Pengertian-Tawakal

Seorang hamba yang telah mengetahui arti tawakal akan meyakini bahwa semua perbuatan yang dilakukan tidak sia-sia. Meski cita-cita dan harapan pengabdian masyarakat belum lengkap. Karena dalam pengertian itu adalah kewajiban sebagai hamba untuk berbuat baik, sedangkan pertanyaan untung adalah hak mutlak Tuhan Yang Maha Esa.

Imam al-Ghazali meringkas definisi tawakkal sebagai berikut:
“Tawakkal bersandar kepada Allah ketika dihadapkan dengan minat dan membawanya kepadanya ketika ada waktu yang sulit dan kecelakaan itu diserang oleh jiwa yang tenang.”

Derajat Tawakal

Tawakal adalah gabungan dari berbagai unsur menjadi satu, dimana Tawakal tidak dikenal tanpa unsur tersebut. Elemen-elemen ini juga memiliki tingkat kepercayaan diri tertentu:

1. (معرفة بالرب وصفاته)

Derajat pertama dari tawakal tersebut adalah: Ma’rifat kepada Allah SWT dengan sifat-sifat sekecil apapun termasuk kesaktiannya yang mulia, luasnya ilmu, kedalaman kekayaan, bahwa segala urusan kembali kepadanya dan segala sesuatu yang dilakukan atas yakni kehendaknya, dan lain sebagainya.

2. (فبات في الأسباب والمسببات)

Keyakinan kedua ialah harus percaya dalam akan melaksanakan sebuah bisnis. Karena siapa yang menolak kebutuhan bisnis, maka kepercayaan diri itu tidak benar.

Adapun orang yang ingin mencari haji, maka dia hanya duduk di rumahnya, mulai sampai sekarang mereka tidak mau mendesak Mekkah. Tapi mereka harus menabung dulu baru pergi ke kendaraan yang bisa memandu mereka ke tempat tujuan.

3. رسوخ القلب في مقام توحيد التوكل

Derajat ketiga tawakal ialah suatu keteguhan dalam Mentauhidkan (penekanan) Dzat yang diyakini oleh Allah SWT. Karena keyakinan ini harus dibarengi dengan keyakinan akan keesaan Tuhan. Ketika hati memiliki ikatan politeistik dengan seseorang selain Tuhan, keuntungannya konyol.

4. اعتماد القلب على الله، واستناده إليه، وسكونه إليه

Derajat tawakal yang keempat ialah menyerahkan hati seutuhnya kepada Allah SWT dan hanya menciptakan keadaan hati yang tenang saat mengingatkan Tuhan. Ini seperti keadaan bayi yang hanya bisa tenang dan tentram jika ditemukan dalam ASI. Selain itu, sebagai hamba yang amanah, ia hanya akan tenang dan damai ketika berada di dalam ‘susu’ Allah SWT.

5. حسن الظن بالله عز وجل

Derajat keimanannya ialah harus husnudzan (membaca, berpikir) Allah SWT. Karena tidak mungkin meyakini hal-hal yang mereka suu’udzan. Tawakal hanya bisa dilakukan tentang hal-hal yang dihusndzani dan apa yang mereka inginkan.

6. استسلام القلب له

Derajat di Tawakal yang ke enam ialah harus pasrah jiwamu hanya kepada Allah SWT. Karena orang yang diyakini harus merelakan semua harta miliknya. Tawakal tidak akan berhasil kecuali diberikan dengan hati-hati terhadap Allah SWT.

7. التفويض

Keyakinan ketujuh ialah mewakilkan, menyerah, harapan dan serahkan segalanya hanya kepada Allah SWT. Dan itulah inti dari kepercayaan. Allah SWT berfirman: (QS. 40: 44)

Manfaat Tawakal

Manfaat-Tawakal

Adapun berbagai jenis manfaat dalam tawakal, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Dijamin Kemudahan Dunia dan Akhirat

Berbekal sifat amanah, mereka dijamin oleh Allah bahwa mereka akan mendapatkan jalan yang menyenangkan ke dunia dan dihormati siapa pun yang menderita.

b. Adaptasi yang Mudah untuk Masalah Apapun

Orang yang mempunyai sebuah sifat amanah dapat dengan mudah mengubah masalah yang serius tanpa mudah menangis dan berprasangka buruk terhadap Tuhan hanya karena merasa tidak berguna. Ciri tawakal bisa membuat orang tidak sabar dan sembuh dari kegagalan.

c. Allah Akan Membawa Kebahagiaan

Allah yakni akan memenuhi semua segala kepuasan dan kebutuhan batin Anda untuk orang yang percaya dan mencari hati yang murni dan kesabaran hanya karena Tuhan setelah ujian kepercayaan.

d. Kepercayaan Bisa Memperkuat Iman dan Tidak Mudah Putus Asa

Kepercayaan bisa merubah rasa atau amarah egois menjadi lebih sabar dan juga kekuatan keimanan dan membuat mereka selalu bersyukur kepada Allah atas apa yang telah diberikan selama ini. Mulailah melakukan yang terbaik bagi mereka yang percaya bahwa orang-orang yang percaya pada alam.

e. Diberikan Kenikmatan yang Tiada Hentinya

Allah SWT akan membawa kegembiraan berupa kesenangan dalam situasi yang tidak terduga kepada seluruh umat Islam yang hanya beriman kepada Allah. Orang yang ingin bekerja dengan cara yang baik tidak pernah mengeluh tentang pekerjaan itu dan pasti percaya bahwa dia melakukannya tanpa menghasilkan keuntungan untuk dirinya sendiri, tanpa mengharapkannya.

f. Tawakal Dapat Membuat Seseorang Menjadi Lebih Mandiri

Tidak secara langsung, kepercayaan bisa membuat mereka lebih mandiri dan dewasa untuk menyelesaikan masalah dunia tanpa harus bersusah payah. Sifat kepercayaan dapat memungkinkan mereka untuk memahami pro dan kontra dari Tuhan. Situasi ini memungkinkan mereka untuk lebih menghargai kekurangan orang lain.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Tawakal. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.