Pengertian Sengketa Internasional

Posted on

Pengertian Sengketa Internasional – Di dunia internasional, di mana adanya sebuah hubungan internasional mutlak tak terelakkan bagi negara mana pun, hal ini ditetapkan dalam Konvensi Montevideo 1933, yang menetapkan syarat-syarat pembentukan negara. Salah satu hal terpenting adalah dapat membangun hubungan internasional dengan negara lain.

Tujuannya ialah untuk saling membutuhkan dari satu negara ke negara lain, karena tidak ada negara yang membutuhkan kebutuhan negaranya sendiri tanpa bantuan negara lain.

Pengertian Sengketa Internasional

Sengketa-Internasional

Sengketa Internasional merupakan adanya suatu perselisihan atau pertentangan dalam bentuk hukum internasional sebagai bukti dari suatu pokok bahasan atau kepentingan tertentu, hukum atau kebijakan di mana tuntutan dan tuntutan salah satu pihak ditolak.

Musuh Internasional yakni mempunyai sebuah istilah yang berbeda, Konflik Internasional. Tidak hanya terjadi perselisihan antar negara yang ada, tetapi juga terdapat kasus-kasus lain dalam kerangka regulasi internasional di mana terjadi perselisihan tertentu antar negara di satu sisi atau antar individu, badan koperasi dan juga badan non-partai.

Perselisihan bisa muncul karena:

  • Adanya sebuah kesalahpahaman.
  • Partai sengaja melanggar kepentingan partai
  • Kedua negara itu kecil.
  • Pelanggaran hukum atau adanya sebuah perjanjian internasional.

Sengketa internasional Menurut Para Ahli

Adapun berbagai jenis pengertian sengketa menurut para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut:

Menurut Huala Adolf

Menurut Huala Adolf, yakni apa yang bisa digunakan sebagai ukuran sengketa tampaknya litigasi, yaitu diselesaikan dengan keadilan. jika sengketa dapat dibawa dan diselesaikan oleh pengadilan internasional. Namun, hal ini sulit diterima karena secara teori sengketa internasional dapat diselesaikan oleh pengadilan internasional.

Menurut Waldock

Pandangan tersebut tampaknya telah diikuti oleh Pengadilan Tinggi Internasional (ICJ) dalam keputusannya pada tahun 1988 untuk menggugat sengketa antara Nikaragua dan Honduras dalam Ordonansi Pasukan Perbatasan dan Lintas Batas, di mana ICJ menyatakan bahwa litigasi adalah sengketa. yang dapat diselesaikan: “sengketa yang dapat diselesaikan melalui penerapan prinsip dan aturan hukum internasional.

Menurut Friedman

Sarjana hukum internasional terkemuka dari Amerika Serikat adalah Profesor Wolfgang Friedman. Menurutnya, meski sulit membedakan kedua istilah tersebut, perbedaan tersebut terlihat pada konsepsi perselisihan.

Menurut Sir Humprey Waldock

Menurut Sir Humprey Waldock adalah seorang sarjana Inggris dan pengacara internasional yang memimpin studi kelompok tentang pemukiman musuh pada tahun 1963. Menurut kelompok studi, penentuan penyelesaian sengketa baik secara hukum maupun politik bergantung pada pihak yang terlibat.

Macam-Macam Sengketa Internasional

Sengketa internasional ada dua jenis, yaitu sengketa litigasi dan sengketa politik. Apa perbedaan antara konflik dan sengketa politik?

a. Sengketa Politik

Sengketa bila negara yang telah didasarkan pada klaimnya yang tidak berdasarkan pertimbangan yudisial tetapi atas dasar politik atau kepentingan lain.

b. Sengketa Hukum

Sengketa terhadap suatu negara yang menjadi sebuah dasar sengketa atau klaim apa pun yang konsisten atau diakui menurut hukum internasional.

Penyelesaian Sengketa Internasional

Sengketa-Internasional-1

Biasanya ada beberapa cara untuk menyelesaikan perselisihan internasional, berikut ialah penjelasan nya:

a. Negosiasi

Negosiasi yakni dapat diartikan sebagai upaya untuk memeriksa dan merujuk pada posisi yang disengketakan untuk mendapatkan hasil yang dapat diterima pihak yang bersaing. Terlepas dari bentuk hasil yang dicapai, meskipun sebenarnya lebih diterima oleh satu pihak dibandingkan oleh pihak lain

b. Arbitrase

Arbitrase merupakan salah satu sarana konflik alternatif yang telah lama dikenal dalam hukum internasional. Dalam menyelesaikan masalah permusuhan internasional, sengketa tersebut dirujuk ke arbiter independen untuk sengketa tersebut.

c. Penyelesaian Yudisial (Judicial Settlement)

Proses peradilan adalah penyelesaian yang dicapai oleh pengadilan internasional yang didirikan dengan benar dengan berurusan dengan prinsip-prinsip hukum.

Pengadilan Internasional menyelesaikan masalah dengan menegakkan aturan yang sudah ada. Hidangan dapat dibagi menjadi dua kategori yakni ad hoc atau khusus dan hidangan permanen. Contoh pengadilan internasional permanen adalah Mahkamah Internasional (ICJ).

d. Konsiliasi

Kata konsolidasi yakni telah memiliki arti yang luas dan sempit. Dalam arti yang paling luas, konsolidasi mencakup berbagai cara untuk menyelesaikan sengketa dengan bantuan negara lain atau komite penasihat yang tidak adil.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Sengketa Internasional. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.